Sabtu, 20 September 2008

Semalam di Pasar Jodoh (Jadi inget Rien DH)

Cerita ini sebenarnya bukan terjadi di Cikaret, tetapi para aktor dan aktrisnya tetep dari Cikaret. Beberapa bulan setelah kita lulus-lulusan aku dan beberapa rekan yang termasuk kloter paling awal dapat kerjaan di swasta yaitu di PT. Tanggul Restu Pratama Indramayu. Selain aku ada Musonip (anak Bengqalis yang jadi gitaris angkatan 89 yang kalo sudah main gitar sampai ndombleh), Nandang Koswara (dulu ntah apa keahliannya, kurang terekam kamera), Ade Abu Bakar (penyanyi andalan angkatan 89), I (mam) Suparto si anak TaNI itu, ada mbak Komsatun si penyabar itu dan "Mbak Pur" Sri Purwantini. Inget itu aku jadi inget lagu "Ada Kamu" nya Hary Mukti, soalnya tiap pagi itu lagu aku dengerin lewat radio transistor kecil warna hitam nya Atin.

Kisah ini terjadi setelah kurang lebih setengah taun kami kerja disana. Di Kecamatan Kandang Haur itu ada tempat rendevouz di inti kota kecamatan yang namanya Pasar Jaringan, tapi lebih populer dengan sebutan Pasar Jodoh. Soalnya disana tu tempatnya ajang cari jodoh cara cepat, ketemu semalem..bertandang ke rumah, ditanyain calon mertoku lalu nikah. Seringnya dari cara seperti itu berakhir dengan rumah tangga singkat juga, makanya disana dikenal dengan daerah yang paling tinggi populasi randa nya. Entah kenapa Nandang Koswara kok gak jadi ? (Ndang masih inget Dik Rokiah gak?.) Di tempat itu biasanya sangat rame apalagi kalau malam Minggu. Tiap malam ada bioskop Misbar – gerimis bubar- nya.

Suatu hari datanglah Rini DH berkunjung ke tambak kami. Aku gak inget lagi ngapain pula Bu Rini itu klana-klunu ke tempat jin buang anak -dimana justeru kami yang terbuang disana-. Mungkin mau ketemu Atin temen sekampungnya atau kalo gak salah karena kangen sama Hadian yang mantan......................Ketum nya.
Sepanjang hari kami ngobrol bercengkrama sama Rini sampe-sampe Sonip kena tegur Hendri sang Supervisor yang dingin karena jarang senyum itu., akibat telat ngempanin udang peliharaannya. Soalnya waktu itu si Sonip asyik mendemonstrasikan permainan gitarnya dan Rini jadi penyanyinya.

Malam itu malam Minggu, Rini kami ajak ke Pasar Jaringan itung-itung observasi mana tau ada peluang bisnis disana gitu. Ketika kami duduk-duduk di sebuah warung, tiba-tiba satu-persatu anak muda situ pada berdatangan mendekati kami. Ternyata mereka memperhatikan Rini dengan khusyuk – dalam hati mereka mungkin bertanya.."Wadon mendi kie ya, kok mencrang temenan jeh ?" – Yah jujur aja malam itu Rini memang kurasa paling cantik, apa lagi jika dibandingkan dengan Mbak penjual bandrek tempat kami nongkrong itu - yang secara jujur manis juga kutengok.
Kami jadi risih dan agak-agak miris dikit soalnya yang datang itu sepertinya anak-anak kapal yang tiap hari narik jaring. Udah item berotot pula. Emang tampilan Rini waktu itu sangat kontras dengan tampilan kebanyakan cewek sana yang dandan menor, lipstik kinclong dan bedak tebal, sementara Rini yaah kayak umumnyan anak asrama gitu. Lalu kami urungkan niat untuk nonton sintren malam itu karena kami fikir situasi kurang kondusif. Kami cabut naik becak ke kos an nya Atin dan Komsatun (Kom, gadis kecil di kosan kalian itu 'cem mana sekarang ya?).
Rini dengan gaya centilnya itu agak berakting juga sedikit walaupun aku tau dalam hati nya miris juga dipencrongin banyak pasang mata yang mengekori kami dengan tatapan cemburu – terutama kapadaku, dalam hati mereka mungkin bergumam.."Sapa sih lanang sing beruntung kae, nggandeng wadon anyar Pasar Jaringan ?" Beberapa hari setelah Rini pulang aku ketemu seorang pemuda situ yang kenal dengan aku dia bertanya, "Sapa sih wadon sing wingi kue? Priben Bapaqe...galaq beli? Kapan tah ngucape ? (maksudnya kapan akad nikahnya?) Aku tertawa geli, ternyata Rini disangka cewek situ yang sedang cari jodoh juga dan aku difikir mereka nganterin Rini kerumah ortunya, lalu aku diinterogasi dan disuruh kawin..haa....haaa. Ngapunten yo Rien...!

Dermayu memang beda !
Cerita ini akan dilanjutkan oleh NK, karena dia yang paling banyak kenangan disana.
Sonip...masih hafal kau lagu ciptaan kita dulu itu, yang kita rekam dengan tape recordermu yang dibeli dari gaji pertamamu ? (kalo gak salah lyryknya berasal dari puisinya Santi)

9 komentar:

nkoswara mengatakan...

Masya Allah Yan geuning msh inget aja luar biasa ' memorinya ' sampe2 rukiah sm randa2nya musonip aja masih nyempil di 'catatan kecilnya ' aplg rini ya tp yg jls nga rugi lah di tempat keringtandus spt itu aja msh berkesempatan sabecak bareng ma rini mun teu salah gara2 itu aja udangnya pd stresss telat diumpanin ya .....kumaha nu di losarang msh inget nga? Rien .... lumayanlah bs jd ratu walau cm semalam ......Eh Yan kamu dl pernah ....sm anak ibu kost yg samping BRI nya

Hadian mengatakan...

Ndang yang diinget mah yang solih-solihnya aja ya ! Tragedi losarang mah bukan domain sayah, itu mah domainnya Sonippp.

Tina Siam mengatakan...

Nah begitu dong Yan... kan kita jadi seger baca cerita2 seru begini. Jadi kami yang tidak pernah ikut tahu peristiw itu jadi ber-oooooooh dan ikut tersenyum atau bahkan tertawa terbahak-bahak.
Yah, biarpun kamu sekarang sudah ustadz, kenangan masa lalu mahpn meureun masih boleh dikenang.... setidaknya untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengalami masa-masa yang seru dan menyenangkan tersebut. Sayang sayah mah tabungan stori serunya cuman dikit, itupun beberapa bagian sudah soak dimakan kepikunan... jadi gak bisa ikut cerita. Ayo teman-teman lain cerita juga dong.... tapi yang lucu-lucu ya, yg sedih-sedih mah jangan, membuat kita jadi pesimis....

Hadian mengatakan...

Bener sok lah se seru-serunya kayak di rumah abang kita lulusan 88 itu. Aku kalo masuk sana pulangnya tulang pipiku sakit, abis cengar-cengir mulu....tapi tetep jangan lupa yg seriusnya juga soale rumah kita ni katanya punya misi tambahan. yaitu Bersih, Peduli & Profesional..eh sorry itu mah jargonnya si No 8 ya...jadi kebawa-bawa tuh.

Tina Siam mengatakan...

Gak apa2 bawa jargon No. 8... da saya juga simpatisan, hehe (yg ini mah meureun boleh dibilangin ya...)
Sok lah Yan, maju terus pantang mundur, mudah2an kesampean pengen jadi presiden. Nanti saya ikut jadi staf ahli saja (alias pembisik) da jadi menteri mah moal katanagaan meureun.

nkoswara mengatakan...

Tuh kan blog kt tanpa sadar sdh dibawa2 ke ranah politik nga bagus lah kt tina blog hrs kembali ke misi awal kata hadian juga sy setuju 100% jd kl mu kampanye jangan disini dong tp disana di lap kl mampu sewa dewi persik, Hidup Golkar, coblos NO 23 rakyat dijamin sentosa

damayanti mengatakan...

Tersanjung banget kalo Sonip bikin lagu yang liriknya dari puisiku, kok bisa ya? he he.. Salah kali.. bukan puisi aku. Perasaan mah saya teh rada kacau kalau bikin puisi, alias teu pararuguh.. Kalo soal puisi Tina lah yang aku tau paling jago. Banyak lagu dia bikin dari puisi2nya. Ya kan Nong..? Sonip dimana kamu? Kalo reuni kita bisa nyanyi bareng asyik kali ya.

Hadian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hadian mengatakan...

Santi, justeru karena puisinya yang kacau itulah aku punya ide untuk jadikan lagu. Lagunya aku yang bikin, arrangernya Sonip...ah masa lalu terkadang masih enak untuk dikhayalkan....bisa buat cengar-cengir sendiri ditengah kepenatan hidup ini.Asal jangan keasyikan aja denngan masa lalu ya...
Iya lah masak iya dong ?
Eh salam ya buat keponakan itu !