Selasa, 07 Oktober 2008

YANG TERSISA DARI LEBARAN

Ya, sebenarnya cape banget buat nulis, tapi kerinduan untuk mengisi blog ini begitu besarnya, ngalahin semua rasa lelah. Kelelahan mudik dan balik lebaran akan selalu, dan terus dialami, entah untuk beberapa tahun ke depan? Macetnya jalan raya seakan makanan empuk yang harus terus dilalui. namun tidak akan pernah menyurutkan niatku untuk terus dan terus mudik tiap tahun

Mudik sepertinya sudah merupakan tradisi yang harus dijalani oleh sebagian besar orang Indonesia (termasuk aku). Rasanya belum lengkap lebaran bila tidak mengumandangkan takbir semalaman sambil bertukar cerita disaat-saat cape dan istirahat, di mushola depan rumahku, rasanya ingin semua malam seperti saat itu. Lebaran juga belum lengkap bila tidak bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak keluarga. Bisa sungkem sama orang tua, maaf maafan sama adik kakak dan lainnya saat lebaran rasanya tidak akan tergantikan pada bulan lainnya.


Bisa makan ketupat bersama sehabis shalat Ied, merupakan keasyikan tersendiri. Banyak keasyikan dan cerita lucu tersaji, mulai dari yang minta ini itu, rebutan ini itu sampai pecahnya piring atau gelas, ditanggapi dengan senyum dan tertawa, hari itu semunya terasa lucu, seolah hiburan yang hanya terjadi setahun sekali.

Anakanakku (padahal cuman 2), hari itu juga bebas dari semua omelan dan larangan, seolah hari itu adalah hari miliknya, main petasan, main kembang api, main motor dan lainnya, hari itu boleh. Yap, rasanya terlalu sayang kalo harus bertengkar ama anak. He....he.....

Tradisi ziarah kubur juga jadi ajang menarik, selain mendoakan leluhur maupun saudara yang telah lebih dulu meninggal, juga jadi ajang mengenalkan kembali akan asal-usul keturunan (Aku baru tahu kalo Eyang dari ayahku berasal dari Jawa Cirebon dan Eyang dari Ibuku Natapraja berasal dari keluarga Santana, Gereba, Kawali. Hallo keluarga besar Santana, maaf lahir bathin kalo baru sekarang saya tahu, maaf juga tidak ikut reuni keluarga karena harus segera kembali leberan ke Bandung)

Ya mudik lebaran, walau mungkin bukan tradisi Islam, namun banyak menyajikan keindahan dan manfaat yang diperoleh. Kembali mempererat tali silaturahmi.

Akhirnya, kini kita kembali pada rutinitas kita, klehidupan kita dan.....ngisi blog kita tentunya.

Seandainya setiap hari adalah lebaran, alangkah indahnya hidup ini.

Met Lebaran, maaf lahir dan bathin

13 komentar:

Hadian mengatakan...

Enaknya yang bisa mudik...!

nkoswara mengatakan...

Nya atuh selamat ya beb bs bermudikria sambil makan ketupat ma opor ayam trusss bs makan semua yg enak2 mumpung lg mudik da kl nanti udah kembali ke habitat semula di 'ciper'mah paling2 kembali ke opor jengjkol ma pais tahu he he ......

tong mengatakan...

Ha....ha...., buat kang Ian, maaf bukan manas-manasin, ini hanya sebagai ungkapan rasa saya yang bisa mudik. Masih banyak rekan yg mungkin ngga bisa mudik karena berbagai alasan, Ade Bakar sedih ngga bisa mudik di Sumbawa karena ngga di kasih libur, dan lain-lainnya. Buat NK, yap.... habitat sudah menanti....jangan lupa ke ciper bawa dodolnya, syukur sekalian domba buat kita bikin sate.

damayanti mengatakan...

OZA.. maaf lahir bathin ya...
NK... maaf lahir bathin
and u too Yan, maaf lahir bathin..

Hadian mengatakan...

NK, Tong sugan teh sayah wungkul yang masih suka pais tahu teh ya? geuningan ari didikan ti leuleutik mah teu leungit2 nya...ha...ha.
Isteriku dulunya jijik katanya buatin aku pais tahu, kubilang segala sesuatu itu jangan dilihat proses pembuatannya, tapi liat hasil akhirnya..tul gak? liat aja kita sekarang yang sudah pada jadi orang (ca ile ...) gimana dulu proses penempaannya di cikaret...kan...cukup menjijikan ya gak? ha...ha... (bathin ku bilang, jijik tapi asyik).

Hadian mengatakan...

Teh Santi..(biar rada sopan gitu, kan geus pada kolot ayeuna mah nya)kalo diliat dari urutan comment mah sepertinya aku paling atas deh...tapi disalamin paling akhir..he..he..tapi sudah ku maafkan kok...ha...haa (ulah cemberut San, ntar tambah beting tilang nya..!)

Patriani mengatakan...

Tong enak ya mudik?kapan ya aku ngrasain rasanya mudik?tapi sungguh ngga enak kena dampak org pada mudik....andai saja kau tau Tong...mudik kali ini mbuat kakiku tambah sakit....stlah keseleo main bola,tertindih motor...skarang sebagian jari kakiku mnikmati empuknya lindasan roda avanza...

tong mengatakan...

Kang Ian, tentang pepes tahu, semur jengkol, goreng cumi kering, ama oseng waluh gambas itu jadi menu tetap hari Sabtu dirumahku, he...he.... Tentang mohon maaf, ya mari kita saling maafkan. Buat Santi kenapa dengan HP dikau? Buat Ani, turut bersedih, kapan kena avanza-nya, baru denger, tapi ngga terlalu apa-apa khan?

damayanti mengatakan...

Nik, kenapa lagi? kok gak cerita 'dicium' avanza kakinya?
OZA, kamari teh hp sku dibolkir (blm bayar) jadi gak bisa salam ke lebaran ke temen2, punten pisan...
Yan.. save the best for last ha ha ha..

Patriani mengatakan...

Buat Santi:Nah gitu atuh sayang....enak kan nonggol lagi,jgn ngumpet aja ...pokokna mah: JANGAN PERNAH PERGI,AKU TAK MAU KEHILANGANMU....ILOVEUSOMUCH....

damayanti mengatakan...

Aniiikkk... ILOVEU TOO... SO MUCH

nkoswara mengatakan...

SD nga pa2 kl mau ngumpet sekalian yg lama atuh....... jgn tanggung2 ntar kl muncul kembali malah 'kaeraan' cik atuh rek menta dihampura lebaran bae susahna menta ampun ibarat nyari Emma di Hutan Wolasi aja SD ....kamana aja Neng

damayanti mengatakan...

Aya wae NK... ngan kitu geuning lah, punten jarang kontak ya, tapi kontak batin mah angger lin? he he he..