Kamis, 16 Oktober 2008

Saya, Pak Oti dan Penyakit Ikan

Kalau Dian inget pak Oti jadi inget Statistik, saya mah inget pak Oti teh jadi inget pelajaran Penyakit Ikan. Kalau Statistik mah saya masih rada nyambung (biarpun pake acara nyontek, San yang kamu kasih contekan itu aku ya?) tapi kalau sudah urusan pelajaran Penyakit Ikan, Astagfirullah! Saya sama sekali tidak berminat, tidak mengerti, dan tidak bisa-bisa....

Berhubungan dengan jasad renik - yang Subhanallah sangat menakjubkan itu- sering membuat perut saya melilit dan kepala muter2, abis ribet sih, kalo disuruh praktek di Lab, perasaan kok yang kelihatan di lensa mikroskop itu cuman "gambar abstrak" kayak lukisan Rembrant atau Picasso (salah2 ngutip mohon maaf nih). Alhasil ketika ujian praktek akhir kita disuruh keliling ruangan Lab untuk menebak penyakit apa yang ada di lensa mikroskop, maka lembar jawaban saya penuh berisi kalimat tebak-tebak berhadiah, alias saya tidak tahu sama sekali apa yang saya lihat dan apa yang saya tulis....

Hasilnya memang langsung kelihatan, ketika dapat ijazah, maka nilai saya untuk pelajaran penyakit ikan nangkring dengan cantiknya 6! Itu adalah angka terendah dan satu-satunya di ijazah saya. Tapi bagaimanapun ya Alhamdulillah, angka 6 untuk pelajaran penyakit ikan adalah anugerah bagi saya, Terimakasih pak Oti....

Tapi hidup ternyata masih berlanjut dan nasib masih mencandai saya, ketika semua orang langsung pada kerja sesudah lulus, saya masih harus menjalani masa menganggur selama hampir 6 bulan, setelah luntang lantung tak karuan (mau kuliah lagi gak ada modal, mau nikah gak punya calon.... hehe) akhirnya datang juga tawaran kerja dari SUPM, satu2nya tawaran kerja yang pernah saya terima seumur hidup saya. Setelah melewati masa tes yang sangat ribet, akhirnya saya dinyatakan lulus dan diterima bekerja di Stasiun Karantina Ikan Polonia Medan. Saya bekerja sebagai petugas karantina ikan yang harus berurusan dengan PENYAKIT IKAN!

Hidup kadang-kadang memang susah dimengerti, sampai sekarang saya masih bertanya2 bgaimana saya bisa lulus diterima bekerja di instansi yang mengurusi penyakit ikan sementara nilai saya untuk pelajaran itu justru paling rendah. Tapi untunglah (dalam hidup saya, saya termasuk orang yang beruntung karena sering dapat keberuntungan yang tidak terduga) selama hampir 13 tahun pertama saya bekerja di karantina ikan, saya justru tidak pernah bersentuhan dengan penyakit ikan. Saya malah ditakdirkan untuk menjadi pengurus uang negara, hehe.... mungkin itu berkat nilai baik untuk pelajaran MU dari pak Widodo.

Setelah pindah ke Bengkulu, karena saya jadi pejabat fungsional, mau tidak mau saya harus mulai berurusan dengan penyakit ikan. Untunglah sekarang saya sudah tua dan sudah mulai sadar bahwa dalam hidup tidak selamanya kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi dengan Bismillah saya masuk dan mulai belajar masalah penyakit ikan. Ternyata selama 3 tahun ini kerja di Lab, Alhamdulillah, penyakit perut melilit dan kepala muter2 akibat pusing melihat gambar di bawah lensa mikroskop tidak lagi kambuh...! Sekarang bahkan saya sudah punya puluhan koleksi gambar parasit ikan. Siapa yang berminat koleksi atau ada keperluan dengan gambar2 parasit ikan? Silahkan hubungi saya. (hehehe......meuni sombong sekarang mah ya?)

7 komentar:

damayanti mengatakan...

Bukan kamu Nong... waktu ujian stastistik kan di aula, and duduk kita diselang-seling ama kelas b.. kamu inget gak gak waktu aku nangis nyeri hate gara2 her 2x.. meni sediihh... :(

Hadian mengatakan...

Ah sama gambar penyakit mah aku gak tertarik Tin, kalo gambar yg ada Sukarno Hatta nya mau.

Patriani mengatakan...

Klo aku sih pelajaran P Oty kgak ada yg nyambung smua...siapa yg salah?aku ato P Oty nya ?klo di lab mah gmana caranya bisa ambil obat gatal he he he...eh iya Na...mdah2an aja ada rejeki ya ntar buat Mamang...kau mau nitip ke aku ,ntar tak sampaikan....

Tina Siam mengatakan...

Wah Yan... kamu kan orang politik, hati-hati sama gambar Soekarno-Hatta ah? Saya mah wanti-wanti pisan... hehe. Mending sekarang kamu nargetin aja, gimana caranya supaya suatu saat kamu bisa tampil di kertas yang sama untuk menggantikan Soekarno-Hatta, satuju?

San, kamu pake foto yang kemaren-lah untuk blogger-mu. Lebih cantik dan mukamu jelas kelihatan, di foto yang ini mah yang kelihatan cuman mapnya doang (maksudna meureun biar kelihatan rajin nya, tapi buktina geuning masih sempat chatting.... hihi)

Dian, sakali2 kamu chat-lah di YM, kadang2 kami rindu pengen ngobrol langsung sama kamu. Tapi chat-nya hari kerja biar bisa numpang internet kantor, hehe...

Pat, aku sudah titip pesan sama suamiku, kalo aku mah pan budget-nya terbatas... jadi kalau mau sedekah teh kalkulasinya rada panjang, soalnya plafond terbatas tapi alokasinya tidak terbatas, hehe.

Selamat reuni ya..... salam untuk semua teman-teman yang kenal aku yang hadir di reuni dan mohon maaf lahir batin. Soalnya kata Santi aku sekarang jadi telenges (kasar), hehe mungkin karena lama tinggal di Medan nya Yan....

Hadian mengatakan...

Tin tega banget si lu, biasanya orang yang fotonya muncul diuang kertas mah biasanya orang yang sudah wafat, kecuali dulu suharto makanya masa tuanya nelongso. Aku belum mau ah wajahku muncul diuang kertas, siapa yang mau hayoo?

Chating ? ntar deh dicoba, jujur aja aku belum pernah chating2-an tuh. Sieun poho ka nu di imah.

djoenaedi mengatakan...

Tin anamah klo inget kamu terbayang deh saat latihan pancabela di ramayana,kamu tetap semangat padahal yang lain dah pada kedinginan

Tina Siam mengatakan...

Wah Jun.... terimakasih sudah mengingatkan, soalnya saya teh nyaeta sudah banyak lupanya. Saya malah sudah lupa kenapa waktu itu semangat ya... padahal saya kan paling ngga suka panca bela.

Yan, ya maksud saya teh atuh jangan sekarang pan ceuk saya ge "suatu saat". Jadi anak cucu kamu jadi ikut bangga, karena kaplingan di uang kertas kan hanya untuk orang-orang yang telah berhasil mencetak sejarah penting.

Perkara chatting sagala lupa sama yg di rumah, kita2 juga chat-nya sambil kerja da..... atau atuh chat-nya sambil minta ditemenin Heni. Aku sering kok nangkring di punggung Mahmud kalo dia lagi chatting, asyik aja ngelihatnya berbalas bodor sama teman-temannya.