Jumat, 29 Agustus 2008

Ramadhan, Ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan,

Di bulan ini kita mengharapkan agar jiwa raga diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SWT. Ada gunung yang tinggi yang harus ditelusuri guna menemui-Nya, itulah nafsu. Di gunung itu ada lereng yang curam, belukar yang lebat, bahkan banyak perampok yang mengancam, serta iblis yang merayu, agar perjalanan tidak dilanjutkan. Bertambah tinggi gunung didaki, bertambah hebat ancaman dan rayuan, semakin curam dan ganas pula perjalanan. Tetapi, bila tekad tetap membaja, sebentar lagi akan tampak cahaya benderang, dan saat itu, akan tampak dengan jelas rambu-rambu jalan, tampak tempat-tempat indah untuk berteduh, serta telaga-telaga jernih untuk melepaskan dahaga. Dan bila perjalanan dilanjutkan akan ditemukan kendaraan Ar-Rahman untuk mengantar sang musafir bertemu dengan kekasihnya, Allah Swt.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pada bulan ini terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Rasulullah SAW bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

"Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan". (HR. Ahmad)

Ramadhan adalah bulan dimana Allah menganjurkan kita untuk mempererat tali silaturahmi, memperbanyak ibadah dan berbagi dengan sesama, merasakan penderitaan sesama, serta memperhatikan kehidupan sesama, sebagaimana pesan Rasulullah SAW,

“Wahai semua manusia, sebarluaskanlah salam dan jalinlah tali shilaturrahmi, berilah makan orang-orang fakir dan miskin, bersembahyanglah di tengah malam dimana sebagian manusia tidur nyenyak, maka kamu sekalian akan masuk surga dengan penuh kedamaian.”

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ
Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

Terakhir, Kami sekeluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf atas segala kehilafan.


0 komentar: