Selasa, 24 Februari 2009

STADION SI JALAK HARUPAT, INDAHNYA KEBERSAMAAN

Disela-sela acara routine bulanan ke Bandung, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk sejenak menghilangkan kepenatan, membebaskan diri dalam suasana hingar bingar dan gemuruh manusia yang tidak satupun kita kenal namun dengan tujuan yang sama...., menonton pertandingan sepak bola, dan kayanya lebih spesifik lagi menyaksikan tim kesayangannya memenangkan laga. Maaf....bukannya mengusung rasa kedaerahan...., namun kebetulan anak-anakku yang memang cuman baru 2, ....pendukung berat PERSIB Bandung.

Tribun Timur Stadion Si Jalak Harupat Bandung, saat Persib lawan PKT Bontang

kedua anakku , tak henti bersorak...berteriak dan bernyanyi mendukung tim kesayanagan, mereka bangga dengan tim kesayangannya

Malam itu...., rasanya jiwaku lepas.........., berbaur dengan gemuruh dan sorak sorai puluhan ribu penonton lain yang sepertinya sama denganku. Teriakan dukungan..., caci maki..., umpatan ketidakpuasan...., dan segunung rasa bahagia serta kepuasan yang bergemuruh hampir dirasakan oleh semua penonton ketika tercipta gol untuk tim kesayangan......, dan kesedihan serta keheningan merasuk seluruh stadion ketika tim lawan mampu menyamakan kedudukan. Sungguh......., betapa indahnya kebersamaan diantara puluhan ribu manusia yang satu sama lain mungkin tidak saling kenal, namun punya hati dan jiwa yang sama, mendukung tim kesayangan berlaga.

Jalannya pertandingan.....

riuh sorak sorai penonton...tanpa komando namun mereka seirama

Lebih menarik lagi tatkala istirahat babak pertama dan kedudukan sementara 1-1, tanpa diminta rekan yang duduk disebelah yang baru kali itu saya liat wajahnya berkomentar panjang lebar tentang terjadinya gol lawan yang menurut dia seharusnya tidak terjadi andaikata........dan seterusnya (pinter banget dia mengupas kelemahan dan kelebihan kedua tim, kenapa ngga jadi pelatih aja ya.....?), yang lebih hebat lagi........, dia nawarin saya makanan yang sedang dia makan. Hebat......., dia mungkin merasa sangat dekat denganku orang yang baru dikenalnya......., hanya karena kami mendukung tim yang sama.


karena kami satu tujuan......, jadilah kami merasa seperjuangan

Seisi stadion sontak bergemuruh dan rasanya mau runtuh ketika gol kembali tercipta untuk tim kesayangan. Kepalan tangan....., teriakan mengelu-elukan nama tim....., lompatan kegirangan serentak terhampar menghiasa seluruh stadion........, tanpa ada yang mengomando....., terlahir secara spontan dari hati dan jiwa yang tulus, yang menggerakan seluruh anggota tubuh untuk bereaksi dan berbuat meluapkan kebahagiaan.

Saat istirahat babak pertama, asyik buka bekel dari rumah......

Subhanallah..........., malam itu aku kembali dapat pelajaran berharga, bahwa kita mampu untuk berpikir...., bertingkah...., dan berbuat seirama.......untuk tujuan yang sama, untuk keinginan yang sama...., untuk rasa cinta yang sama........, bahkan walau kita tak pernah hidup bersama. Aku berpikir........, bahwa kita yang pernah merasakan penderitaan dan kebahagiaan bersama diasrama, rasanya sudah sepantasnya memiliki tujuan akan tali persaudaraan yang sama.
Wallahu........

3 komentar:

nkoswara mengatakan...

Biasa kamu mah juragan ...sok nyuri star bae...udh ke-4 kalinya lhooooooooooo...tapi nga pa2 yg penting persib menang, viva persib !!! kalo persija... sorry la yauwwwww !!!

One's mengatakan...

Klo Sriwijaya FC kumaha akang...?

tong mengatakan...

Kang yang cinta berat ama persib itu anak saya..., he...he...ngeles yeuh....tunggu di Jalak Harupat.....paling kalah lagi ya persib...? ha...ha...ha....