Minggu, 02 November 2008

REUNI: ARTI SAHABAT

Sebuah Pengakuan Untuk Sahabat


Gebyar reuni sudah berlalu meninggalkan kita, kemeriahan, kebahgiaan, kesedihan, tawa, senyum tangis dan segudang macam rasa berbaur saat itu dan bahkan mungkin terasa sampai saat ini. Ya…, semua itu bisa terjadi karena kita pernah bersama, dalam pahit getir dan suka bahagia, dalam tangis dan tawa bersama. Namun yang paling berarti kenapa semua rasa itu hadir , karena ikatan batin persahabatan yang terjalin tanpa kita sadari, bahkan mungkin tanpa kita kehendaki.



Tentang arti sebuah persahabatan, Ibuku pernah bertanya, apakah bagian tubuh terpenting dalam hidupmu? Betahun-tahun aku selalu menebak dengan jawaban yang aku anggap benar, namun ternyata tidak......

Akhirnya, pada saat pengawal kakekku dan kemudian juga pengawal bapakku (yang juga pernah menjagaku sewaktu aku kecil) meninggal. Seluruh keluarga bersedih dan menangis. Bahkan, saat itu bapakku-pun menangis. Ibuku bertanya, ”apakah kamu sekarang sudah tahu, bagian tubuh mana yang paling penting?”

”Pertanyaan ini penting, ini akan menunjukkan kepadamu apakah kamu sudah benar-benar ”hidup”

”Anakku, bagian tubuh yang paling penting adalah bahumu”

Aku bertanya, ”apakah karena fungsinya untuk menahan kepala?

Ibuku menjawab ”Bukan....., karena bahu dapat menahan seorang teman atau orang yang sangat kamu sayangi ketika mereka menangis. Ibu hanya berharap, kamu cukup punya kasih sayang dan sahabat agar kamu selalu punya bahu untuk menangis kapanpun kamu butuhkan”



Akhirnya aku tahu, bagian tubuh yang paling penting adalah tidak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Tapi simpati terhadap penderitaan yang dialami orang lain. Orang akan melupakan apa yang kita katakan. Orang akan melupakan apa yang kita lakukan. Tapi orang TIDAK akan pernah lupa bagaimana kita membuat mereka berarti.



Ketika aku berjuang untuk terlepas dari kematian, kedua anakku yang masih kecil menangis dibahuku memohon aku untuk tidak meninggalkan mereka dan akupun menangis dibahu ibuku memohon ampun dan doanya (Tuhan mendengar permintaan dan doa mereka, karena sampai hari ini aku masih hidup). Dan..., ketika aku kini berjuang untuk dapat terus menjalani hidup, aku menemukan bahu-bahu sahabat terbaik yang siap kapanpun aku butuhkan.



Sahabatku, engkau telah membuat hidupku menjadi berarti...., menjadikan hidupku menjadi lebih berarti. Seperti kata Ibuku, aku tak akan pernah melupakan hal itu. Maaf bila aku hanya mampu membalasnya dengan hanya ucapan terima kasih.



Selamat jalan kawanku......., seperti banyak doa yang kalian mintakan pada Tuhan untukku, akupun akan selalu berdoa untukmu. Tuhan semoga berkenan menyertai setiap langkah hidup kita. Amin.

4 komentar:

nkoswara mengatakan...

Tak banyak yg sy ketahui ttg seluk beluk sahabat dan persahabatannya OZA (Otong Zenal Arifin)tp diantara sedikit yg sy ketahui dan justru akan terus menerus terngiang-ngiang dlm memori sy adalah ketika dia berusaha dgn sgt keras (padahal sy tahu waktu itu kondisi kesehatannya sgt tdk memungkinkan untuk bepergian)datang ke bandara Soekarno Hatta hanya sekedar untuk bertemu sahabat lamanya (Hadian) yg menurutnya sudah sekian belas tahun tidak bertemu dan keduanya memang bertemu walaupun hanya berlangsung beberapa jam saja. Yang sgt luar biasa buat sy adalah tentang OZA tentang cara dia mengapresiasi, memberi nilai serta mengagungkan sahabat dan persahabatannya dalam keterbatasannya sekalipun dan pun sy mengetahuinya juga yang OZA lakukan bukan hanya sebatas ke Hadian saja tapi jauh diluar ketidaktahuan sy Insya Allah terhadap sahabat - sahabatnya yang lain

aku mengatakan...

Beribu maaf kupinta padamu sahabat,sudah bertambah taukan siapa aku?

tong mengatakan...

To NK: aku tidak pernah berbuat lebih untuk sahabat, hanya berusaha memberi yang terbaik yang pantas dia terima.
To Ani: kau adalah sahabat terbaikku...., trims...., aku yang seharusnya minta maaf. OK.

Patriani mengatakan...

Ada yg cemburu lho OZA kalo kau bilang gitu....tu orang priok he he he....sbenarnya siapa yg salah?ya dah aku maafin....buat NK jgn buat kesimpulan dr sbuah prediksi....ktnya....tau ngga?perutku sakit waktu kau marahin taruna malam tu....