Selasa, 18 November 2008

CERITA TENTANG IRUL

Ya…ini cerita tentang Irul, putra pertama mba Komsatun yg sekarang sedang sekolah di SUPM Tegal. Hari Jumat kemarin mba Kom tlp saya, bilang kalo putranya mau liburan ke rumah dan minta dijemput di terminal Pekalongan. Jumat petang saya suruh mba Tara jemput dia…..ini kali kedua dia ke rumah, jadi ngga canggung, semua sudah saling kenal dan sudah seperti saudara…dan sepertinya dia jg sudah menganggap ini rumah dan orang tua kedua baginya….dia butuh apa aja berani untuk bilang, makan jg ngga harus disuruh berulang ulang…Mungkin karena saya jg pernah merasakan hidup di asrama seperti dia...., saya tahulah apa yang dia butuhkan.

Singkat cerita hari Sabtu sore saya suruh dia menyeterika baju2nya, karena Minggu mau saya diajak jalan2. Tapi dia bilang liburnya sampai Selasa, waktu itu saya ngga kepikiran kok jadi sampai Selasa, padahal tadinya dia bilang sampai Minggu. Hari Minggunya saat diperjalanan main ke perkebunan teh, mba Tara nanya sama dia,
“memang ada apa kok libur sampai Selasa?
Dia jawab ”ngga ada apa2 ingin istirahat saja dan sudah minta ijin sama guru dan uminya”
Saya tanya ”kalo libur bawa surat ngga?” saya ingat dulu kita harus bawa surat kalo libur lebih sehari
”ngga” katanya singkat dan agak pelan jawabnya.

Saya mulai curiga, soalnya setelah lebaran kemarin dia sempat ngga mau masuk sekolah lagi, akhirnya saya tanyakan ke uminya buat mastiin……Ternyata uminya baru sadar setelah hal ini saya tanyakan. Umi dan Abinya mulai kelabakan, menanyakan ke wali kalasnya, ke temannya yg kerja di sana, apakah benar Irul sudah ijin, ternyata belum dan Irulnya tetap ngga mau berangkat dengan berbagai macam alasan….duh pusing Umi dan Abinya…..sampai akhirnya dikeluarkan jurus pamungkasnya mba Kom……Abi dan Hanif bilang sama Irul kalo uminya pergi tak pamit dan ngga bawa hp saking pusingnya mikir Irul (ternyata mba Kom pintar berbohong juga ya……..demi kebaikan katanya).

Mendengar berita tersebut, akhirnya Irul mau berangkat lagi ke Tegal. Jam empat kurang seperempat pagi saya antar dia ke terminal Pekalongan naik motor (suamiku lagi ngga enak badan jd ngga bisa antar), berharap sebelum jam enam sudah sampai agar tak terlalu banyak pelanggaran yg dibuat sama Irul di sekolahan…….Berangkatlah dia dan siangnya saya sudah dapat kabar kalo Irul sudah masuk sekolah lagi…..lega deh……

Ya begitulah dan rasanya dulu banyak cerita tentang teman2 yg rada stress karena tekanan yg mungkin agak berat untuk anak usia belasan seperti Irul……jauh dari orang tua, kurang uang, disiplin yg tinggi, ngebayangin enak dan nyamannya hidup di rumah….dn lainnya (saya masih ingat ,gara2 berantem dg Alexio dn pak satpam aku disuruh pak Kustiadi istirahat dirumah seminngu……lumayan jg sih he he he...)

4 komentar:

tong mengatakan...

Mungkin saya termasuk salah satu yang dulu sempat beberapa kali berpikir untuk kabur dari asrama Cikaret. Yah...kehidupan asrama dirasa amat sangat berat buat saya saat itu, dengan segala macem rutinitas yang tau sendirilah gimana saat itu. Namun, disaat itu pula terpikir alangkah malunya harus kembali ke kampung. Gimana tidak...., setelah dengan bersemangat dan bangganya bisa di terima di SUPM, masa harus berhenti.
Buat Irul: tetaplah bersemangat..., tetap kuat... Hidup di asrama memang berat, namun bila keluar dari situ, percayalah...hidup Irul akan semakin berat. Beban Irul baik terhadap diri Irul sendiri naupun terhadap keluarga akan semakin besar.
Buat mba Kom: sabar ya Bu....

nkoswara mengatakan...

Kl menurut sy mah yg salah dlm hal ini bukan Irul, atau Ibunya Irul yg notabene msh temen sy juga atau kakaknya Irul yg sdh pasti jauh lbh tua dan dewasa dr Irul atau ibu asrama Irul yg mungkin dianggap galak2 dan pelit2 akan tetapi yg sdh jelas2 bersalah adalah tantenya Irul yg baru yg tinggal di Batang (sebab kl tante benerannya pasti bukan di Batang kan)dengan beraninya menyuruh mbak Tara menjemput Irul di terminal pekalongan.....justru hal itu yg jd penyebab utamanya setelah bertemu mbak Tara ...ya.. Irul nga mau pulang toh kl perlu nga pa2 sebulan harus bolos juga yg penting ya itu ...ketemu mbak Tara ...

Ede92' mengatakan...

Push up aja 100 kali.... dulu kan gitu.. gara-gara terlambat masuk asrama padahal hari minggu lho.. saya kena push up ama bang Jumawal sampai sakit pinggang.. untuk aja g' samapi kena ginjal...

PUSH UP aja Mba'k...

amdali mengatakan...

Tun, gimana khabarmu?
Udah lama skali nggak pernah jumpa...
ketemu dibolog ini, eh elu udah punya seorang putra yang sekarang meneruskan sekolahnya di SUPM juga
Selamat ya tun...
Moga anakmu bisa meneruskan jejak langkah qt semua
n menjadi anak yang saleh...
amin