Kamis, 20 Agustus 2009

Marhaban yaa....ramadhan......, nikmatnya puasa

Nikmatnya puasa di negeri sendiri

Setiap menjelang ramadhan, aku selalu teringat sebuah pepatah mengatakan, "hujan batu di negeri sendiri lebih baik dibanding hujan duit di negeri orang" (keterlaluan kalo masih berpikir seperti ini ya....?). Untuk urusan menjalankan ibadah puasa, rasanya pemeo tersebut rasanya ada betulnya, apalagi buat yang punya perut rada kolokan dan susah kompromi macam aku......? rasanya ga mau lagi deh puasa di negeri orang.

Bukannya kebetulan kalo pada tahun 2005, aku harus menjalankan puasa di negeri Gajah Putih Thailand, negeri yang sebenarnya kata orang surganya wisata kuliner, dimana segala macam masakan tumpah ruah hadir disana, dari mulai emper jalanan yang didominasi pedagang makanan, sampai Mall mall baik yang besar maupun yang kecil, selalu hadir tempat makanan. Kalo di kita tempat makanan selalu ditempatkan di lantai atas, maka di Thai justru berada di lantai bawah.

Baun makanan yang menyengat hidung.......apalagi dalam kondisi puasa...., bener-bener membuat perut aku selalu mual ngga tahan dengan baunya (entah karena faktor rempahnya atau dagingnya?), itu yang membuat kadang aku harus menutup hidung dan menahan napas bila jalan-jalan di mall. Belum lagi makanan yang kayanya jadi ciri khasnya yaitu serba ikan, padahal aku alergi banget dengan yg namanya makan ikan. Seperti di tempat menginapku (Kasetsart University Home Hotel), yang juga didominaasi menu makan ikan......., duh berabe banget.

Ceritanya....., saat sahur aku minta tolong sama hotel untuk disajikan makan sekitar jam 4 pagi (mereka awalnya bingung......ada orang aneh yg makan sebelum orang lain bangun), Alhamdulillah, ternyata mereka walau sedikit lambat mau menyajikan juga. Namun alangkah terperanjatnya waktu melihat makanan yang terhidang (aku lupa pesen menunya), satu mangkuk besar nasi yang telah dicampur dengan sup ikan....., jangankan untuk makan...., ngeliatnya aja udah nek dan mual. Jadilah sahurku hanya secangkir kopi, beberapa potong buah dan beberapa batang rokok. Aman......, untuk saat itu.

Dinginnya ruangan kelas yang ber-AC memang ga bikin haus, namun seisi perut rasanya diaduk-aduk, badan dingin ga karuan, rasanya pingin banget buka puasa..., namun rasanya sayang......... Alhamdulillah, akhirnya nyampe juga ke buka puasa, namun sialnya .......lupa ngga ngeluarin air minum dari kulkas......, jadilah aku minum air dingin...., wah.... sueger banget..... nikmat.... (ngebayanginnya entar saat lagi puasa ya), namun itulah awal malapetaka, karena ngga lama berselang perutku dan seluruh badanku bener bener dingin, kepalaku goyang....., dah akhirnya tumbang ngga sadarkan diri di meja makan. Baru inget lagi setelah jarum infus terasa sakit menusuk tanganku. Malam itu terpaksa aku sendirian (ditemenin perawat deng.......) menghabiskan malam di rumah sakit.

bersambung..........

0 komentar: